merasakan sensasi berenang di sumber sirah malang

saat kamu memilih Kota Malang sebagai destinasi liburanmu, maka bersiaplah untuk menerima kejutan-kejutannya. outbound malang murah Salah satunya adalah Sumber Sirah yang merupakan sumber air alami yang disisinya diberi pembatas sehingga membentuk seperti sebuah kolam atau telaga. Begitu sampai di tempat ini, bersiaplah untuk merasakan sensasi berenang di Sumber Sirah Malang.

sumber mata air alami ini juga menjadi sumber utama irigasi warga disekitarnya. Permukaan air yang terlihat jernih dan bersih membuat kita bisa melihat hingga ke dasar danau. Bahkan di dasar danau juga ditumbuhi tumbuhan air tawar berwarna hijau yang nampak cantik.

Sedangkan di sekitar telaga sendiri ditumbuhi pepohonan yang rindang dan lebat layaknya hutan hujan tropis.

Tanaman kepala dan tebu milik warga juga menambak kesan khas dari tempat ini, di dalam kolamnya sendiri juga dihuni oleh ikan-ikan kecil lengkap dengan bebatuan dan pasir hitam yang lembut. Sumber Sirah memiliki kolam dengan kedalaman sekitar 0,8 hingga 1,5 meter.

Agar bisa sampai di lokasinya, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi terutama motor. Karena jika menggunakan mobil, kamu harus memarkirkannya di pekarangan warga yang berjarak 200 meter dari lokasi wisata.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu harus bersiap untuk berjalan di jalanan setapak yang kini sudah dipaving block. Jalanan setapak ini memang agak curam dan licin, apalagi ketika musim hujan, namun sudah cukup aman dan nyaman kok. Saat ini belum ada akses kendaraan umum yang menuju ke tempat ini. Sehingga wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, atau bisa menyewa motor di Kota Malang.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti berenang, snorkeling, berfoto, atau mengadakan training outbound Malang di sini. Yang paling terkenal adalah, berfoto di bawah air, karena pemandangannya yang indah walaupun tidak ada terumbu karang di dalamnya.

Walaupun kolam di sini cukup dangkal, namun harus tetap waspada terutama jika kamu tidak cukup pandai berenang. Karena kolam yang dangkal ini pula, tidak sarankan untuk melompat ketika memasuki area telaga untuk berenang.

Alasan lainnya untuk tidak melompat adalah, dasar kolam yang berupa pasir sehingga mudah membuat keruh jika terlalu banyak gerakkan yang ekstrim. Satu lagi yang membuat wisatawan tidak dianjurkan untuk melompat, yaitu karena adanya tumbuhan air yang agak rapuh dan rentan patah.

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan adalah tubing, yaitu duduk atau merebah santai di atas sebuah ban yang mengapung di atas air telaga. Dengan ban pula kamu bisa ikut meluncur mengikuti arus air yang memiliki panjang 100 meter yang berakhir di jembatan bambu. Kegiatan tersebut disebut juga dengan river tubing.

Arus air ini pula yang akhirnya menjadi sumber irigasi bagi lahan pertanian warga sekitar. So, jangan lewatkan kesempatanmu untuk berlibur di kota apel ini. Banyak atraksi wisata yang dapat kamu pilih dan rasakan sendiri bagaimana keseruannya. PS: Di Kota Malang ada juga loh wisata untuk rombongan yang seru. Yaitu paint ball di Batu Malang, Rafting di Batu, dan outbound di Songgoriti Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *